Selasa, 03 Agustus 2010

asteroid,komet dan meteorid

Asteroid :
Dalam anggota surya kita banyak sistem planet-planet kecil serta planet, bulan dan matahari mereka. Asteroid adalah planet kecil yang terdiri dari batuan dan logam. The asteroid terkecil tidak lebih besar dari rumah. Bentuknya jarang ada yang bulat, dan banyak yang mirip dengan kentang abu-abu besar.

Sebagian besar asteroid dalam sabuk antara Mars dan Jupiter, tapi beberapa bisa terbang dekat dengan Bumi.

Sebuah peristiwa yang sangat jarang terjadi bahwa asteroid bertabrakan dengan planet kita. Untuk 65 juta tahun yang lalu adalah seperti tabrakan. Tabrakan menciptakan kawah besar, sementara debu dan asap berputar-putar sampai ke atmosfir. Hal ini menyebabkan perubahan iklim di Bumi ini, yang mungkin mengapa dinosaurus punah di planet kita.

Komet:

Komet menghabiskan paling sering di ruang beku di luar jalur Pluto. Komet juga di orbit mengelilingi Matahari, Komet berbentuk bola es kotor pada jarak yang jauh. Ketika pendekatan panas matahari, dengan, misalnya, setelah bertabrakan dengan komet lain, mulai menguap. Aliran gas dan debu meletus dari inti beku. Gas dan debu terbang keluar dari inti, membentuk ekor tipis panjang. Biasanya memiliki dua ekor komet di belakangnya, yang terdiri dari gas dan debu lainnya.




Meteoroid :

Meteoroid adalah bagian kecil dari asteroid atau komet. Berputar di seluruh
ruang dan biasanya tidak lebih besar dari butiran pasir. Ketika meteoroid masukkan
di atmosfer bumi memenuhi hambatan udara dan sangat hangat. Jika kecil
membakarnya, dan kita menyebutnya sebuah meteor atau bintang jatuh. Jika
meteoroid begitu besar sehingga tidak membakar sebelum memukul permukaan bumi
kita menyebutnya meteorit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar